Selasa, 10 Juni 2008

Membuat Api

 

Dalam berbagai kesempatan sering kali kita mendengar dari berbagai sumber yang menjelaskan bahwa bila kita ingin menghasilkan sesuatu maka kita harus fokus. Dan juga banyak kali ditambahkan dengan ilustrasi tentang kaca pembesar yang bisa membakar kertas, dengan cahaya matahari diarahkan secara fokus melalui kaca pembesar maka kertas akan segera terbakar.

Dengan fokus maka kita akan bisa memberikan api atau hasil yang luar biasa.

Apakah seperti itu realitanya ?

Sabtu lalu saya merenungkan akan hal ini, ternyata apa yang banyak kita dengar selama ini belumlah lengkap. Coba kita perhatikan dengan lebih detail, bagaimana kertas itu bisa terbakar.

Proses terbakarnya kertas bukan hanya karena fokus, tetapi disebabkan oleh 3 poin penting yaitu :

  1. Cahaya Matahari.

Cahaya matahari adalah unsur penting yang dapat menghasilkan api. Apabila cahaya ini digantikan dengan cahaya lain seperti lampu sorot, maka kertas tidak akan terbakar. Cahaya Matahari ini adalah laksana energi atau motivasi dalam diri kita, untuk bisa menghasilkan sesuatu kita harus mempunyai sumber motivasi / energi yang berasal dari dalam diri sendiri. Sekarang ini banyak orang mencari sumber energi dari luar, biasanya hal ini kurang bertahan lama. Sama seperti membandingkan cahaya matahari dengan lampu sorot. Demikian kita harus menjaga agar diri kita mempunyai motivasi yang terus menyala-nyala

  1. Kaca pembesar

Cahaya matahari yang diarahkan kepada media lain selain kaca pembesar tidak akan membuat kertas di bawahnya menyala. Seandainyapun bisa menyala, maka waktu yang dihasilkan tidaklah lebih cepat dengan menggunakan media kaca pembesar. Karena kaca pembesar adalah media yang tepat untuk bisa mengirimkan cahaya yang dapat membakar kertas dengan cepat. Hal ini adalah ibarat lingkungan dimana kita berada, banyak kali orang yang mempunyai motivasi tinggi tapi tidak menghasilkan sesuatu, karena ia tidak berada di lingkungan yang tepat. Sehingga pada akhirnya banyak kita temui orang yang berguguran sebelum mencapai hasil yang diinginkan karena kehabisan energi terlebih dahulu sebelum mencapai hasil. Lingkungan yang tepat adalah media yang dapat membuat kita mencapai hasil dengan lebih cepat.

  1. Arah yang tepat

Ketika kita sudah mempunyai cahaya matahari dan kaca pembesar selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa cahaya matahari diarahkan kearah yang tepat dan terfokus. Di sinilah pentingnya diperlukan fokus untuk menghasilkan api. Geseran dan gerakan tidak perlu yang kita lakukan membuat api yang kita inginkan tidak bisa menyala. Fokus membuat cahaya matahari bekerja maksimal melalui kaca pembesar. Sama halnya dengan kehidupan kita, apabila kita sudah mempunyai motivasi yang besar dan berada di lingkungan yang tepat, kita harus memastikan bahwa kita serius, berkonsentrasi dan fokus untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Akhirnya ketiga hal ini semua saling mendukung yang kemudian memberikan hasil yang kita harapkan yaitu terbakarnya kertas dan menghasilkan api. Segala impian, cita-cita yang kita idamkan bisa kita capai dengan filosofi ini. Selama kita mempunyai semangat yang konsisten, tidak peduli ada awan mendung menghadang. Dan kemauan untuk berkembang dalam lingkungan yang mendukung agar kita bisa bertumbuh dengan maksimal serta konsentrasi penuh,menjadikan apa yang kita harapkan akan menjadi kenyataan.

Sebesar apapun impian anda jangan takut berjuang untuk mencapainya. Dengan peralatan yang tepat maka apapun yang anda impikan hanya menunggu waktu yang tepat dimana anda akan mendapatkannya.

Selamat membuat ”api”

Tidak ada komentar: