Senin, 05 April 2010

Era Emotionomics

When dealing with people, remember you are not dealing with creatures of logic, but creatures of emotion - Dale Carnegie

Di tahun 2002, Daniel Kahneman memenangkan hadiah Nobel untuk karyanya di bidang behavioral economics. Kahneman sebagai seorang ekonom tersohor menyatakan bahwa dalam proses pengambilan keputusan, faktor emosional memegang peranan penting.

Yang lebih baru lagi buku karya Gladwell yaitu Blink. Gladwell menunjukkan bahwa model pengambilan keputusan tradisional ternyata tidak benar. Banyak proses pengambilan keputusan, bisa dilakukan dengan cepat. Otak mampu menangkap pola dan kemudian cukup dengan memperhatikan perilaku, situasi atau facial coding dalam komunikasi, maka keputusan yang tepat dan efektif, bisa dilakukan dengan cepat.

Kita telah memasuki era emotionomics! Sebuah era dimana nilai tambah dari sebuah bisnis, ditentukan oleh kejelian pelaku bisnis untuk menambahkan faktor emosi guna mempengaruhi perilaku konsumen.

Tidak ada komentar: