Selasa, 20 April 2010

10 Pertanyaan Yang Paling Merisaukan Kaum Wanita

Satu malam istri saya bercerita bahwa belum lama ini ia bertemu dengan beberapa tetangga kami. Dalam pembicaraan tersebut tetangga kami mengajukan pertanyaan yang sekilas mungkin merupakan pertanyaan yang biasa. Tetapi setelah pertemuan itu istri saya jadi memikirkannya dan menceritakan pengalaman yang merisaukannya tersebut kepada saya.

Dari pembicaraan kami, saya jadi memikirkan kenapa istri saya menjadi risau hanya karena beberapa pertanyaan yang diajukan oleh tetangga kami? Berdasarkan pengamatan saya, pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang umum dan mungkin juga dialami oleh wanita lain.

Berawal dari rasa penasaran mengenai hal ini akhirnya saya melakukan sebuah survey kecil kepada kurang lebih 200 orang wanita mengenai hal ini. Dalam survey tersebut saya mengajukan kuisioner kira-kira pertanyaan apa saja yang biasa diajukan oleh keluarga, saudara, teman atau tetangga yang sering membuat risau para wanita.

Dan dari sekian banyak jawaban yang diberikan, saya berhasil merangkumnya dan berikut adalah 10 Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh keluarga, saudara, teman atau tetangga yang sering membuat risau para wanita.
1. Kapan Menikah / Kapan Punya Anak ?
2. Kamu kelihatan kurusan / gemukkan yah?
3. Umur berapa?
4. Bisa masak gak?
5. Suami kerja dimana ?
6. Anak Sekolah dimana?
7. Liburan kemana aja?
8. Kok kerjanya pulang malam ?
9. Mana yang kamu pilih Karir atau keluarga?
10. Bagaimana membagi waktu antara kerja, keluarga dan teman-teman?

Berdasarkan hasil survey ternyata inilah 10 pertanyaan yang paling membuat wanita risau dan kalau saja mereka bisa memilih, mereka tidak mau lawan bicara mereka baik wanita ataupun pria mengajukan 10 pertanyaan ini kepada mereka.

Kalau begitu apa yang bisa kita lakukan dari hasil survey singkat ini?

Berdasarkan analisa singkat saya ada 2 hal yang bisa kita lakukan :

1.Dengan mengetahui hal ini maka ketika kita berbicara dengan kaum wanita, sebaiknya kita tidak mengajukan 10 pertanyaan ini, tetapi ajukanlah pertanyaan – pertanyaan yang lebih bersifat umum dan tidak bersifat pribadi. Apabila dari awal pembicaraan saja kita sudah membuat lawan bicara kita tidak nyaman, maka akan sulit bagi kita untuk melanjutkan komunikasi ke tingkat yang lebih tinggi.Hormatilah lawan bicara Anda

2.Untuk Anda para wanita, kita tidak bisa merubah orang lain yang bisa kita lakukan adalah merubah diri kita sendiri. Perlu diketahui terkadang lawan bicara kita seringkali tidak mengerti bahwa pertanyaan yang diajukannya bisa menyinggung perasaan orang lain, hal ini bisa disebabkan oleh karena memang ia tidak tahu atau juga ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini hanya untuk sekedar basa-basi. Jadi kalau selanjutnya ada teman atau lawan bicara yang mengajukan ke 10 pertanyaan ini janganlah risau dan dimasukkan ke dalam hati, karena toh mereka juga tidak mengerti akan pertanyaan yang mereka ajukan dan mungkin hanya sekedar basa-basi. Andaipun pertanyaan mereka benar hendak menjatuhkan anda, abaikan saja. Karena seperti apa yang pernah dikatakan oleh MahatmaGandhi “Nobody can hurt me without my permission” Jadi mereka boleh ingin menjatuhkan Anda, tetapi kalau anda tidak mengijinkannya maka perkataan apapun tidak akan bisa membuat Anda risau.

Akhirnya semoga hasil survey ini bisa memberikan kontribusi untuk kaum wanita maupun pria di Indonesia agar bisa lebih saling menghargai satu sama lain dan bisa berkomunikasi dengan lebih baik lagi

Bertepatan dengan hari Kartini 21 April 2010, saya mengucapkan Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia.

Dedy Budiman

Tidak ada komentar: